Silahkan

Jumat, 21 Oktober 2016

Cara Ngeprint di Printer Orang Lain dengan Bantuan Jaringan Internet

Assalamu'alaikum Sobat sekalian,..
dahlama ne gk berbagi, kali ini saya mau berbagi pengalaman mengenai sharing printer didalam satu jaringan. mudah"an bermanfaat ya..
Oke langsung aja sobat ikuti langkah-langkahnya :
Pertama, Setting di komputer yang printernya mau Sobat Share Klik Start Button, kemudian pilih Devices and Printers.

Selanjutnya, akan terbuka jendela baru. Disini, kita bisa melihat hardware apa saja yang terhubung dengan komputer, salah satunya printer. Pilih printer mana yang ingin Sobat sharing. Klik kanan pada printer tersebut, kemudian pilih printer properties.
Akan terbuka jendela printer properties. Pilih tab Sharing pada windows tersebut
Setelah itu, beri checkbox pada opsi share this printer. Kita bisa memberi nama sesuai keinginan kita. Kemudian klik Apply, Ok..

Oke, Printer sudah bisa sobat gunakan dari komputer manapun dengan catatan masih dalam 1 jaringan.
Next, pertanyaannya, gimana cara ngeprint dari komputer lain ke printer yang sudah kita share tersebut. Sobat bisa ikuti langkah-langkah dibawah ini :
Pertama, Sobat harus mengetahui IP addres pengguna printer tersebut atau komputer yang terhubung dengan printer tersebut. Kalau Sobat belum tau caranya bisa lihat   Klik disini
Kemudian, setelah Sobat dapat IP addresnya, sobat bisa mengaksesnya melalui windows Explorer. Pada Address bar, ketikan IP addres komputer yang terhubung dengan printer tadi. 
Jika IP addres komputer tersebut "192.168.1.10" maka yang sobat ketik adalah : "\\192.168.1.10" (tanpa tanda kutip).

Setelah itu akan terlihat apa saja yang telah disharing oleh komputer tersebut, salah satunya ada printer. Nah, pada printer tersebut klik kanan kemudian pilih Connect… . Tunggu beberapa saat sampai proses Connecting selesai.
Untuk cara ngeprintnya, silahkan Sobat pilih dokument mana yang akan diprint. Pada opsi pilihan printnya, Sobat pilih printer yang ada IP address disebelah nama printer yang akan kita pilih.

Demikian postingan yang dapat saya berikan kepada Sobat semuanya. Mudah-mudahan dapat bermanfaat ya..

Assalamu'alaikum wr wb..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar